Info Sekolah
Selasa, 26 Okt 2021
  • Selamat Datang di Website Resmi SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Kab. Tegal

BIMBINGAN TEKNIS PEMBENTUKAN LSP – P1 SMK BHAKTI PRAJA DUKUHWARU TAHUN 2021

Diterbitkan : - Kategori : Info Prodi / Informasi Sekolah / LSP SMK BP DUKUHWARU

Selasa, 31 Agustus s/d Kamis, 2 September 2021 SMK Bhakti Praja Dukuhwaru mengadakan BIMTEK (Bimbingan Teknis) Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) – P1. Acara tersebut di buka oleh Plt. Kepala Sekolah Bapak ERFAN SUPARMONO, S.Pd, M.A,

Peserta dihadiri oleh Guru Produktif seluruh Program Studi di Sekolah. Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini difungsikan guna melengkapi dokumen syarat yang diperlukan untuk berdirinya lembaga LSP P-1 di SMK Bhakti Praja Dukuhwaru.

Hari Pertama Bimtek dimulai dari sambutan oleh PLT Kepala Sekolah Bapak Erfan Suparmono, S.Pd, MM dilanjutkan oleh Master Asesor Bapak Heri Budi Utomo, S.T, M.T selaku pembimbing dan penguji dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Kemudian dilanjutkan kegiatan penyusanan Dokumen yang menjadi syarat menjadi asesor dan terbentuknya LSP di Sekolah oleh Bapak & Ibu Guru Produktif.

Master Asesor BNSP ,Heri Budi Utomo, ST. MT., mengatakan, “semakin banyaknya Guru produktif memiliki sertifikat asesor kompetensi dari BNSP, akan memudahkan SMK Bhakti Praja Dukuhwaru untuk menjalankan program sertifikasi kompotensi bagi peserta didiknya yang telah berstandar BNSP. Heri mengatakan, untuk dapat melakukan asesmen pada masing-masing ruang lingkup sertifikasi, maka LSPU perlu memiliki asesor yang kompeten dan bersertifikat kompetensi sesuai aturan yang berlaku. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan asesor kompetensi LSPU yang sudah terlisensi BNSP. Dalam mengaktiikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu memenuhi tiga standar kompetensi asesor yakni merencanakan aktivitas dan proses asesmen, melaksanakan asesmen, dan memberikan kontribusi dalam validasi asesmen,”ujarnya.

Proses penyusunan perangkat asesmen tersebut tidak mudah, karena hasil final dari perangkat asesmen tersebut nantinya akan menjadi acuan serta dasar dalam pelaksanaan uji kompetensi bagi peserta didik di sekolah. Pada kegiatan ini para peserta diminta untuk melakukan uji coba pelaksanaan asesmen yang telah dibuat kepada peserta didik sebagai model asesi.

Nantinya dari 5 program Keahlian yang dimiliki SMK  Bhakti Praja Dukuhwaru menjadi tempat Uji Kompetensi (TUK) diantaranya :

  1. Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Audio Video (TAV)
  2. Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  3. Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO)
  4. Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Otrotonik (TOT)
  5. Tempat UJI Kompetensi (TUK) Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)